Langkah-langkah screening Plagiasi

17 Desember 2018 || 15:44 [WIB]

Berikut langkah-langkah untuk melakukan screening plagiasi:
1. Screening Plagiasi diberlakukan bagi mahasiswa yang sudah sampai pada tahap akan mendaftar sebagai peserta ujian skripsi.
2. File skripsi mulai dari bab 1 s.d. bab 5 beserta daftar pustaka, dijadikan dalam 1 file dalam bentuk word (.doc).
3. File tersebut dikirim ke email pjm_penjaskesrek@unpkediri.ac.id dengan subyek Screening Plagiasi (Dalam Deskripsi tuliskan Nama, NPM, Nama Dosen Pembimbing dan Judul Skripsi).
4. Pihak penjamin mutu kan melakukan screening plagiasi dengan aplikasi Plagiarism Detector Pro dengan mode “detect word to word” dan “detect rewrite” dan tipe pembandingan internet, database dan pembandingan single dokumen.
5. Ketentuan lulus atau tidaknya diputuskan oleh unit penjamin mutu Penjaskesrek dan 2 (dua) dosen pembimbing skripsi masing-masing mahasiswa.
6. Mahasiswa yang lolos tahap screening plagiasi akan mendapatkan sertifikat dari unit penjamin mutu yang dikirim oleh penjamin mutu melalui email.
7. Mahasiswa yang belum lolos, diwajibkan untuk memperbaiki atau bahkan mengganti judul sampai melakukan penelitian ulang.
8. Sertifikat dikirim oleh unit penjamin mutu Penjaskesrek melalui email masing-masing mahasiswa minimal satu minggu sejak file skripsi dikirim ke email unit penjamin mutu Penjaskesrek.
9. Screening plagiasi dikenakan biaya sebesar Rp 20.000,- per judul dengan membayar kepada penjamin mutu (Yulingga Nanda Hanief, M.Or).

10. Pembayaran dapat dilakukan setelah mengirim file skripsi ke email penjamin mutu.
11. Sertifikat dan kuitansi pembayaran ditunjukan ke panitia sidang skripsi sebagai syarat mengikuti ujian skripsi.

TEKNIK PERBAIKAN KALIMAT YANG TERBLOK WARNA MERAH:

1. Ganti kalimat yang terblok merah dengan kalimat lain yang relevan dan memiliki sumber (buku, jurnal atau sumber lain).

2. Sebutkan sumber tersebut dalam daftar pustaka dengan mengacu pada buku panduan penulisan skripsi.